Sabtu, 06 Juli 2013

Review "My 5tup1d Boyfr13nd" by Syarifah Aini

http://stanza-filantropi.blogspot.com/2012/07/punya-boyfriend-oon-gimana-jadinya-ya.html?showComment=1373123811368#c7648070007899990801

Punya boyfriend o’on? Gimana jadinya, ya? (Resensi My 5tup1d Boyfr13nd)


Apa jadinya kalo seorang anggota geng Kupu-kupu Beracun dari Bukit Utara punya pacar o’on?  Seperti  kata Bella, salah satu anggota geng, “ini bukan soal tampang, tapi otak dan kelakuan. Aku tetap enggak bisa nerima ada cowok yang menyangka Lee Min Ho itu nama presiden Korea. Terus, nganggap Andy Lau itu anggota F4! ”
Tapi nasi udah jadi lontong, mending langsung disantap sebelum keburu basi! Yup, Kiran tetap nekat backstreet dengan Ivan, tetangga depan rumahnya itu. Ini bermula dari keisengannya bikin status Facebook, “siapa yang mo bawain cokelat? Kalo cowok, aku jadiin boyfr13nd. Kalo cewek, aku jadiin pembokat magang.”
Mulai pagi itu, Kiran menggondol status sebagai pacar Ivan. Walau status keanggotaannya di geng Kupu-kupu Beracun dari Bukit Utara terancam DO, Kiran tetap bertahan demi tiket keliling Eropa yang dijanjikan Opah Ivan, setelah tau akhirnya Ivan bisa memutus kutukan jomblo sampai usia 30 tahun di keluarga mereka.
TADAAA…! Dimulai lah kekonyolan itu, mulai stupid 1 sampai stupid 23. Novel dengan genre romantic comedy ini mengajak kita ngakak, ngengkang-ngengkang, geleng-geleng sampai guling-guling (warning: jangan dibaca saat khotbah berlangsung, ntar kamu bisa diruqyah atau paling enggak disangka sarap).
Tapi namanya juga ada gaya-gaya romantic gitu, perasaan Kiran berubah di tengah jalan. Hm, apa, sih, yang membuat Kiran jatuh cintrong beneran? Apa karena Ivan mendadak jadi chef yang ahli meracik bumbu semur jengkol dan pete bakar? Atau gara-gara Kiran yang salah minum jamu kuat cap Nyonya Nyengir?
Simak juga kelakuan-kelakuan anggota geng yang mendadak dangdut berbalik arah mendukung hubungan mereka berdua? Hwuik! Ada apa dengan Cinta dan Laura? Si kembar yang tiba-tiba mendatangi Kiran sebelum rapat penentuan di-DO atau tidaknya Kiran dari geng? Masih pantas kah Kiran yang punya gelar Pendekar Brokoli ini, menjadi anggota geng Kupu-kupu Beracun dari Bukit Utara?
Membaca novel ini bukan sekedar membuat kita cengar-cengir tak jelas. Ada pelajaran berarti tentang persahabatan dan bagaimana menggali ide-ide kreatif. Contohnya saja saat Kiran and the gank  yang akhirnya gabung di eskul paduan suara (atas paksaan si kembar Cinta dan Laura, tentunya). Mereka menginspirasi teman-temannya untuk jadi lebih kreatif mendesain kostum sendiri untuk lomba.
Ivan yang dikata ‘stupid’-pun punya beragam talenta. Dari mulai memasak semur jengkol dan pete bakar, sampai merombak kostum paduan suara. Juga kekonyolan Ivan yang menguras seluruh isi dompetnya ketika  kencan dengan Kiran. Ivan memberikan semuanya untuk pemengemis buta yang memainkan kecapi sebelum mereka masuk ke resto untuk makan. Itu juga ada gunanya ketika mereka terdesak butuh bantuan, lho.
Duet dua penulis gokil -Oben Cedric dan Be Dea- ini berhasil meramu cerita yang bisa bikin senyam-senyum,  ketawa-ketiwi, sampai ngakak-ngikik mulai dari awal sampai ending-nya. Dijamin segar bugar, deh,  setelah baca novel yang satu ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar