Rabu, 01 Oktober 2014

[Draft Novel] Bukan Malam Pertama Part #1



#1

Rasa yang tak terkata
Cinta yang tak terlisan
Merenda getar siksa
Di bilah hati tertawan

“Rez ... kenapa, sih, kamu belum punya pacar?” tanya Luna sambil menyusut bulir-bulir kristal yang mengalir dari matanya. Lalu bola mata indah itu memandang jauh ke tengah-tengah Danau Lake Burley Griffin yang berkilauan ditimpa hangatnya sinar mentari musim panas. Jembatan di atasnya tampak kokoh dan megah, seolah tengah memeluk danau dengan penuh rasa kepemilikan. Lake Burley Griffin kebanggaan kota Canberra itu sedang ramai dengan orang-orang yang menikmati wisata air; naik kano, perahu, sepeda air, boat, juga kapal ferry kecil yang berlayar mengitari danau. Di musim panas, danau ini memang menjadi tujuan wisata utama kota Canberra.
Rezi yang duduk beralas rumput di sisi Luna hanya tertawa kecil. Pandangannya tak beralih dari air mancur besar yang ada di tengah danau. Titik-titik airnya terbang jauh terembus udara yang bergerak dan membiaskan pelangi ketika bertemu sinar matahari. Luar biasa indahnya.
“Kamu yang punya pacar saja sebentar-sebentar nangis begini .... Jangan-jangan, aku juga akan mengecewakan gadis yang aku pacari nanti,” jawab Rezi dengan nada bercanda. Ia menoleh ke arah Luna sambil mengerlingkan mata. 
Luna menghela napas tak puas mendengar jawaban Rezi. “Kamu, kan, bukan Michael, Rez. Michael ... benar-benar tega sama aku ....” Bibir Luna bergetar, matanya kembali berkaca-kaca. “Bodohnya aku bisa terpikat pada laki-laki seperti itu ... mata keranjang!” Wajah Luna tampak memerah marah ketika mengingat mantan kekasihnya.
Michael pemuda Australia yang sangat populer di kalangan mahasiswi University of Canberra. Gadis mana pun akan bertekuk lutut melihat ketampanan dan TVR Tuscan ungunya. Sulit agaknya mengikat Michael dalam sebuah komitmen bernama cinta, karena hanya akan menorehkan luka dan kecewa.
Luna dan Michael baru putus tadi malam, setelah setahun belakangan ini Luna mencoba berpikir lebih realistis soal kelanjutan hubungan mereka. Dan sore ini, Luna meminta Rezi menemaninya ke tepi danau untuk sekadar menumpahkan kegalauannya.
Sebagai sahabat, Rezi sudah menjadi langganan keluh-kesah Luna. Perempuan belia asal Indonesia yang sudah menetap di Australia bersama keluarganya sebagai permanent resident itu kerap “menyandera” Rezi bila sedang menghadapi masalah. Mereka satu kampus di University of Canberra tetapi lain jurusan. Luna tercatat sebagai mahasiswi jurusan Creative Writing di Faculty of Art, sedangkan Rezi mendapat beasiswa dari pemerintah Australia untuk menuntut ilmu strata 1 jurusan Enviromental Science di Faculty of Education, Science, Technology & Mathematics. Mereka menjadi akrab sejak sering bertemu dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Australia.
“Aku tahu, ada beberapa cewek di sini yang naksir kamu, Rez. Masa iya, enggak ada seorang pun yang sreg di hatimu?” sambung Luna sengaja memancing.
Rezi malah tertawa. “Kamu tahu dari mana ada cewek yang suka sama aku? Sok tahu, ah.”
Luna mengernyitkan keningnya yang sempit dan memanyunkan mulutnya yang mungil. Bibirnya tampak segar dan penuh dengan sapuan lipgloss berona pink.
“Enggak usah pura-pura. Masa kamu enggak bisa baca sikap Kasuni padamu?” protes Luna dengan menyebut nama seorang gadis India yang cantik dan seksi, teman mereka. “Atau ... Svetlana, model Rusia itu. Lalu ...”
“Stop, stop, stop!” sergah Rezi cepat. “Kamu sedang bikin absen? Hm ... Luna ... Luna .... Kalau ada yang cocok sama aku, pasti akan aku gaetlah. Masa dianggurin saja?”
“Kamu sudah punya cewek idaman atau belum, sih, sebenarnya?” desak Luna bersemangat. Rezi terkekeh melihatnya.
“Ya ... sebenarnya ada, sih ... tapi dia enggak tahu,” ungkap Rezi sambil melirik Luna diam-diam. Mencuri-curi pandang pada Luna sudah sering Rezi lakukan. Rezi tak ingin ketahuan bahwa dia sangat mengagumi setiap lekuk wajah gadis berkulit putih itu.
Luna terbelalak mendengar bahwa Rezi ternyata sudah memiliki pujaan hati. Seorang Rezi yang dinginnya setengah mati, rupanya diam-diam telah jatuh cinta! Dongeng apa pula ini? pikirnya.
“Siapa? Siapa? Orangnya di Indonesia, ya?” kejar Luna tak bisa menahan rasa ingin tahunya. Dia penasaran sekali. Baginya ini hal yang sangat aneh. Karena selain dengan Luna, Rezi tak sering berinteraksi dengan perempuan. Meskipun ramah dan enak diajak mengobrol, pembawaan Rezi yang tipikal pemuda gila belajar membuat gadis-gadis malas mendekatinya, kecuali mereka yang benar-benar serius menaruh hati. Padahal, menurut Luna, Rezi adalah sosok sahabat yang menyenangkan dan bisa diandalkan. Hm ... mungkinkah sikap dingin Rezi selama ini karena sebenarnya Rezi sudah punya tambatan hati nun jauh di Indonesia ... seorang perempuan yang sudah bertahun-tahun ditunggunya? Aih, mengapa Luna tak tahu?  
“Ada, deh. Mau tahu saja, sih,” kata Rezi sambil tertawa. Tulang pipinya tampak menaik, memperjelas garis wajahnya yang tampan. “Eh, mau es krim enggak, Lun?” tawar Rezi mengalihkan pembicaraan. Luna mengangguk. Menikmati keindahan Danau Lake Burley Griffin tak lengkap bila tanpa es krim yang lembut dan dingin.
Dengan segera Rezi bangkit dari duduknya dan berjalan menuju warung es krim di dekat tempat penyewaan sepeda air. Luna menunggunya dengan gelisah sembari berusaha menikmati semilir angin yang sejuk. Untunglah sore ini cuaca tak terlalu panas. Musim panas di Australia biasanya berlimpah matahari, sehingga suasana menjadi begitu kering. Bahkan di puncak musim panas, rumput dan pepohonan kering meranggas seolah-olah hangus terpanggang panas matahari. Dan di Canberra ini, di mana populasi kanguru masih sangat banyak, itu adalah saat kanguru-kanguru muncul di tempat-tempat yang berumput; seperti lapangan bola, playground, dan halaman rumah orang, karena kekurangan makanan.
Tak lama kemudian, Rezi sudah kembali membawa dua cone es krim vanila-cokelat-hazelnut. Rezi mengangsurkan salah satunya pada Luna. “Kesukaanmu ...,” kata Rezi, lalu kembali duduk santai di samping Luna.
“Siapa nama gadismu, Rez?” tanya Luna langsung. Sejak tadi Luna sudah tak sabar ingin menanyakan hal ini pada Rezi. Menunggu Rezi membeli es krim, terasa sangat lama bagi Luna.
“Lho, masih penasaran? Kirain sudah lupa.” Rezi tersenyum simpul menatap mata cantik Luna.
Luna tampak mulai sebal karena Rezi tak kunjung menjawab pertanyaannya. “Iyalaaah. Bilangin saja kenapa, sih? Aku, kan, pengin tahu siapa gadis yang berhasil merontokkan hatimu yang keras itu.”
“Naaah ... kamu cemburu, ya?” goda Rezi, lalu menjilat lelehan es krim yang mulai meluap dari cone-nya.
“Cemburu?”  Luna melengos sambil membuang muka. “Impossible!
Rezi tertawa lagi. Sepertinya dia puas sekali karena telah berhasil membuat Luna nyaris mati penasaran. Sementara Luna gemas sekali melihat sikap Rezi yang sengaja mengombang-ambingkan saraf ingin tahunya. Geregetannya terasa membuncah sampai ke ubun-ubun. Tapi, Luna tak bisa berbuat apa-apa selain berharap Rezi mau membuka rahasianya.
Yang membuat Luna merasa gerah, entah mengapa, ada semacam perasaan tak nyaman begitu tahu Rezi menyukai seseorang. Cemburukah? Sepertinya bukan. Mungkin itu hanya sekadar perasaan tak rela mengetahui bahwa dirinya bukan seseorang yang menjadi prioritas Rezi. Bayangan bahwa gadis itu menguasai seluruh hati Rezi membuat kepala Luna terasa berat. Rasanya seperti orang yang sedang kecurian.  Dan Luna ... seperti ... tak ingin gadis itu ada.
“Hei, melamun!” kejut Rezi sambil memetik jarinya di depan hidung Luna yang bangir. Luna tersentak dengan wajah bersemu merah. “Es krimnya cair, tuh,” sambung Rezi sambil menunjuk tangan Luna yang sudah terkena lelehan es krim.
Luna ternganga, lalu buru-buru menjilati es krimnya secepat mungkin, seolah berlomba dengan titik leleh es itu. Rezi tertawa-tawa melihat tingkah Luna.
“Duuh ... lengket semua, nih. Pulang saja, yuk,” ajak Luna sambil bangkit dari duduknya.
“Tuh, air banyak ...,” tunjuk Rezi ke arah danau yang beriak kecil, mendapat sedikit ombak karena sebuah kano tengah bergerak perlahan. Di tepian danau, tampak sekawanan angsa putih sedang duduk mengambang dengan anggun.
Luna memelototi Rezi dengan mulut sedikit terbuka. “Maksudmu, aku harus turun ke danau untuk cuci tangan, gitu?” Di bagian ini, tepian danau tidak landai karena merupakan tempat orang berperahu, bermain sepeda air, dan naik kapal kecil, bukan bagian yang biasa dipakai untuk mandi dan berjemur.
“Nggak perlu turun, kali, Lun, di pinggirnya saja. Lalu julurkan tanganmu ke air. Atau ... kamu mau ke toilet di ujung sana itu?” Rezi mengalihkan pandangan jauh ke arah sebuah bangunan berdinding bata ekspos. Umumnya, di Australia, dinding perumahan maupun bangunan lainnya terbuat dari batu bata, tanpa diplester lagi.     
Luna mengikuti arah pandangan Rezi, lalu berpikir sejenak dengan mulut dimiringkan ke kiri dan ke kanan. Malas rasanya jika harus berjalan ke toilet yang cukup jauh itu hanya untuk mencuci tangan.
“Ya sudah, deh, di danau saja,” putus Luna kemudian.
Rezi tersenyum melihat Luna berjalan pelan ke tepi danau. Rambut Luna berkibar-kibar anggun ditiup angin. Kaki Luna sedikit berjinjit ketika mendekati rerumputan yang tumbuh menutupi pinggiran danau. Pasti Luna sedang menghindari kotoran angsa yang biasa tersebar di atas rumput dekat danau. Langkah Luna semakin hati-hati menuruni tepian danau. Setelah dirasa cukup dekat dengan air, Luna berjongkok dan menjulurkan tangannya, berusaha mencapai air.
“Hati-hati, Luna!” Rezi mengingatkan sahabatnya itu.
Luna menarik tangannya dan menoleh sejenak ke belakang. Ia melempar senyum tipis ke arah Rezi. Kemudian Luna berbalik dan kembali menjulurkan tangannya ke air. Tapi ... ah ... Luna kehilangan keseimbangan. Badannya limbung, tangannya menggapai-gapai di udara, dan kakinya meluncur turun ke air.
“Aaah!” Luna menjerit ketakutan.
“Luna!” Seketika Rezi bangkit dan menyerbu ke arah Luna. Namun terlambat, Luna sudah tercebur ke air. Byurrrr! Rezi serta-merta ikut terjun ke air menyusul Luna.
Sebenarnya, tepian danau tidak dalam. Paling-paling sedada orang dewasa. Tetapi karena Luna tidak bisa berenang, Luna panik dan bergerak tak beraturan untuk menyelamatkan diri, yang justru membuatnya malah tak mampu bangkit dari air.
Rezi berhasil meraih lengan Luna. Luna sempat meronta karena merasa geraknya terhambat, tetapi begitu sadar bahwa itu adalah Rezi, Luna melemaskan badannya dan membiarkan Rezi merengkuhnya. Mata Luna memejam melepas rasa lega dan lelahnya, namun ia bisa merasakan tangan kekar Rezi menggendongnya dan merebahkannya di atas rerumputan.
“Luna ... Luna ...,” panggil Rezi. Suaranya terdengar khawatir.
Luna membuka matanya perlahan. Rezi tengah berlutut di sampingnya. Tubuhnya condong ke arah Luna hingga wajah Rezi yang dipenuhi gurat kecemasan jadi begitu dekat dengan Luna. Berada dalam jarak sedekat itu dengan Rezi membuat perhatian Luna terpusat pada wajah sahabatnya itu. Rambut Rezi yang basah membuat wajahnya tampak segar. Tampan ..., batin Luna jujur.
Entah mengapa, ada desiran hangat menjalari tubuh Luna. Ia tak pernah merasakan sensasi rasa seperti itu sebelumnya saat dekat dengan seseorang. Bahkan tidak juga pada Michael—sewaktu masih menjadi kekasihnya. Hubungannya dengan Michael seolah tak terdefinisikan. Terkesan hanya Luna yang menganggap Michael sebagai kekasih dan menaruh sejuta harap pada laki-laki asing itu. Sedangkan Michael ... entah di ruang hati sebelah mana ia menempatkan Luna. Karena ruang-ruang hati Michael seperti tak pernah kosong, selalu ada gadis-gadis yang mengisinya walaupun singkat. Dan Luna sudah lelah mempertahankan takhtanya.       
“Luna ...,” suara Rezi menyadarkan Luna dari lamunannya. Mata Luna mengedip beberapa kali.
Thank you, Rez,” ucap Luna lirih. Rezi tersenyum lega lalu mengangkat wajahnya sedikit menjauhi Luna. “Kalau tidak ada kamu ... entahlah ...,” syukur Luna.
Senyum Rezi mengembang. “Entahlah gimana? Itu nggak dalam, kok. Kalau kamu berdiri dengan benar dan tidak panik, kamu bisa keluar sendiri dari air,” jelas Rezi sedikit meledek.
Luna terdiam sesaat, lalu menyengir. “Masa, sih?” tanyanya tak percaya, membuat Rezi tak dapat menahan tawanya.
“Iya, Aluna Inditiara. Masuk saja lagi kalau nggak percaya,” ujar Rezi lagi.
“Iiiih ....” Luna bergidik. Terbayang rasa takutnya selama di dalam air tadi. Ia pikir ia akan mati saat itu. Bahkan ketika tadi Rezi menarik tangannya, Luna sempat berpikir bahwa itulah malaikat maut yang akan membawanya meninggalkan dunia, sehingga ia meronta-ronta.
Luna bangkit dari posisi berbaringnya dan duduk mendekap lutut. Tubuh dan pakaian yang basah serta embusan angin danau yang menerpanya membuat Luna merasa kedinginan.   
“Dingin?” tanya Rezi pendek. Luna menoleh ke Rezi, lalu mengangguk kecil. “Ya sudah. Kita pulang saja. Kamu sanggup naik sepeda?”
“Sanggup ... aku nggak apa-apa, kok, cuma kaget saja tercebur tadi,” sahut Luna sambil beranjak dari rumput.
“Aku antar kamu, deh. Takutnya kamu masih lemas,” sahut Rezi sambil ikut bangkit.
“Beneran? Jauh, lho, kalau kamu harus balik lagi,” tanya Luna meyakinkan. Rumah Luna dengan apartemen Rezi berjarak cukup jauh, apalagi ditempuh dengan bersepeda.
“Enggak apa-apa, sambil jalan-jalan juga, kok. Hitung-hitung menikmati nyamannya bersepeda di Canberra sebelum pulang ke Indonesia, Lun,” jawab Rezi sambil tersenyum. Luna ikut tersenyum.
Kemudian Rezi dan Luna mengambil sepeda mereka yang disandarkan pada pohon eukaliptus yang menebar harum. Luna dan Rezi sangat suka baunya, sehingga mereka sering memetik beberapa lembar daun eukaliptus untuk diremas dan dicium.
Setelah memasang helm ke kepala, Rezi dan Luna mengayuh sepeda mereka masing-masing menyusuri jalan khusus sepeda.
“Sudah dapat tiket ke Indonesia, Rez?” celetuk Luna disela-sela kayuhan kakinya yang melambat. Di depan ada jalan aspal yang harus mereka seberangi, dan mereka berhenti untuk menekan tombol lampu lalu lintas agar kendaraan bermotor memberi jalan pada pejalan kaki dan pengendara sepeda seperti mereka.
“Oh ya, akhirnya aku dapat tiket juga tadi pagi. Jadinya minggu depan aku pulang habis. Tapi besok pagi aku sudah berangkat ke Sydney, pengin jalan-jalan dulu di sana sebelum terbang ke Indonesia, sekalian cari suvenir di China Town,” jawab Rezi.
Luna merasa ada semacam benda tajam yang menyayat kalbunya mendengar jawaban Rezi barusan. Bertahun-tahun terbiasa bersama Rezi, membuat Luna harus menata hati agar siap untuk kehilangan Rezi nanti. Minggu depan mereka akan mulai menjalani kehidupan masing-masing di belahan dunia yang berbeda, melepaskan kisah persahabatan mereka yang sangat manis.   
“Ah ... akhirnya ... aku lulus juga ...,” syukur Rezi dengan senyum mengembang.
“Kita lulus juga ... aku, kan, juga sudah lulus,” ralat Luna, membuat Rezi meliriknya lucu.
“Eh, hijau, tuh. Jalan!” seru Luna tiba-tiba.
Lampu bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki berganti menjadi hijau, sedangkan lampu bagi kenderaan bermotor berubah menjadi merah. Luna dan Rezi cepat-cepat mengayuh sepeda mereka menyeberangi jalan.
“Mudah-mudahan kamu bisa dapat kerjaan bagus di Indonesia, ya, Rez,” kata Luna lagi.
“Amiiin,” sahut Rezi. “Kamu, Lun, tentu akan mencari pekerjaan di sini, kan?”
Luna mengangguk. “Aku ingin bekerja di penerbitan,” jawabnya singkat. Napasnya sudah mulai ngos-ngosan. Ternyata sudah jauh juga mereka mengayuh sepeda, sudah hampir sampai ke kawasan tempat tinggal Luna. Sebenarnya, meskipun Luna yang mengajak Rezi ke danau, tapi Rezilah yang mengusulkan agar mereka bersepeda saja. Kata Rezi, untuk melepaskan energi negatif yang menumpuk di diri Luna yang sedang marah dan kecewa setelah putus dari Michael.
“Oh ya, aku lupa bilang, permohonan kami untuk pindah kewarganegaraan sudah dikabulkan pemerintah Australia,” Luna memberi tahu.
“Wow ... serius?” Rezi terperangah. Setelah dua puluhan tahun keluarga Luna menetap di Australia, akhirnya mereka resmi menjadi warga negara Australia juga.
“Iya. Papa dan Mama senang banget, tuh. Kalau aku ... entahlah ... aku tidak bisa membedakan mana yang lebih enak, jadi warga negara Indonesia atau Australia, karena sejak umur dua bulan aku sudah dibawa tinggal di sini,” tutur Luna lagi.
Rezi mengangguk-angguk mendengar penjelasan Luna. “Tapi ... rasanya aneh mengetahui bahwa ... kamu bukan WNI lagi, Lun,” sahut Rezi pelan.
Luna mengernyitkan dahinya. Dia tak mengerti maksud kata-kata Rezi. Apanya yang aneh? Toh sejak bayi aku memang sudah tinggal di sini. Bahkan, aku hanya sempat sekali berkunjung ke Indonesia. Itu pun saat usiaku baru lima tahun, tak banyak yang bisa kuingat, kata Luna dalam hati.
“Aneh kenapa, sih?” tanya Luna heran.
Rezi terdiam sejenak, seperti mengumpulkan energi yang begitu besar sebelum melontarkan kata-kata, “Ya ... rasanya ... kita jadi semakin jauh ....”
Luna tertegun meresapi ucapan Rezi. Kita jadi semakin jauh ....
Tiba-tiba, “Lyneham Shop!” seru Rezi begitu melihat pusat pertokoan di Lyneham, karena rumah keluarga Luna tak jauh lagi. Luna tersentak lalu tertawa kecil.
“Yup! Aku duluan, ya. Terima kasih, Rez, sudah nganterin aku sampai ke sini!” pamit Luna sambil melambaikan tangannya.
“Oke, hati-hati!” sahut Rezi, lalu membelokkan setang sepedanya menuju ke arah yang berlawanan. Tetapi, baru beberapa kayuhan, tiba-tiba Rezi berbalik dan mengejar Luna dengan sepedanya. “Luna! Tunggu!” serunya kencang.
Luna yang mendengar panggilan Rezi menghentikan laju sepedanya dan menoleh ke belakang. Tampak Rezi yang semakin mendekat.
“Ya? Ada apa lagi?” tanya Luna ketika Rezi sudah berada di hadapannya.
Rezi terdiam, meragu sesaat. Tapi ia tak tahan lagi. Perasaan yang sudah terpendam selama ini harus dilepaskan. Luna harus tahu, betapa sejak awal pertemanan mereka, Rezi sudah menyimpan cinta yang besar padanya. Perhatian, kasih sayang, waktu luang ... semuanya telah Rezi persembahkan untuk Luna. Hanya untuk Luna ... meskipun Luna tak menyadarinya.
“Luna ... aku ... aku tahu, mungkin kamu menganggap ini lucu. Aku sadar kita adalah teman ... cuma teman ... tapi ...,” Rezi menghela napasnya. Berat. “Aku ... mencintaimu ... Luna ....”
Akhirnya pernyataan itu terucap juga dari bibir Rezi. Rezi sadar, cintanya ini mungkin tak berbalas, tetapi Rezi tetap ingin menuntaskannya. Ia tak ingin membawa beban ini pulang ke Indonesia. Biarlah cinta bertepuk sebelah tangan ini ia tinggalkan di Australia, terkubur sepi di Canberra. Ia ingin memulai hidup baru dan mudah-mudahan juga akan menemukan cinta baru di Indonesia.  
Luna terperangah. Matanya menatap Rezi lekat-lekat, seolah tak percaya. Lidahnya terasa kelu, membisu, tak tahu harus berkata apa. Rezi ... mencintainya? Yang benar saja!
Menyadari hal itu, Rezi buru-buru berujar, “Kamu tak perlu menjawabnya, Luna, karena aku memang bukan mencari jawaban, juga tak mengharapkan jawaban. Aku sudah bisa menebak apa jawabanmu. Aku hanya mengutarakan isi hatiku sebelum kita berpisah, dan mungkin tak pernah bertemu lagi. Itu saja. Tak perlu merasa bersalah karena sudah mendengarnya ....”
Rezi menatap Luna dengan pandangan nanar. “Aku pulang. Jaga dirimu baik-baik, ya,” tukasnya sebelum menjauh meninggalkan Luna yang masih terpana.
“Rezi ...,” desis Luna sambil menatap kepergian Rezi dengan hati galau. [be]

2 komentar:

  1. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus
  2. luar biasa kereen sekali ini naskahnya :D

    BalasHapus